Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46751
Title: Review strategi pembelajaran eksploratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis
Authors: Gelar Dwirahayu
Keywords: strategi pembelajaran exploratif;berpikir matematis;geometri
Issue Date: 2013
Publisher: PMTK FITK Press
Abstract: Artikel ini merupakan hasil kajian literatur. Masalah yang disajikan merupakan kekhawatiran guru matematika khususnya di Indonesia tentang kemampuan matematik siswa meskipun perolehan nilai UN siswa sudah sangat memuaskan. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami konsep matematika adalah strategi pembelajaran eksploratif. Eksplorasi diartikan sebagai serangkaian aktivitas/kegiatan pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan berbagai informasi, pemecahan masalah dan inovasi dari jawaban. Strategi pembelajaran eksploratif terdiri dari lima tahap yaitu pemberian masalah eksploratif, eksplorasi individu, presentasi, eksplorasi kelompok, serta diskusi dan evaluasi. Dengan menggunakan strategi pembelajaran eksploratif terbukti dapat membantu mengambangkan kemampuan berpikir matematik siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46751
ISSN: 978-979-16402-9-9
Appears in Collections:Artikel



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.