Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46731
Title: Fa'aliyah istikhdam istiratijiyyah al-ta'allum ma'an fii ta'lim al-maharah al-qira'ah lada talamidz al-Madrasah al-Mutawasitthah al-Islamiyah al-Hukumiyah 13 Jakarta
Authors: Reshinta Zaldy
Advisors: Maswani
Wati Susiawati
Keywords: efektivitas;strategi belajar bersama;pengajaran dan pembelajaran qiro’ah
Issue Date: 25-Jul-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Belajar Bersama dalam pembelajaran keterampilan membaca untuk siswa kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Jakarta, untuk membuktikan efektivitas penggunaan strategi belajar Bersama dalam pembelajaran keterampilan membaca, untuk membuktikan tingkat kemampuan siswa sebelum dan setelah menggunakan strategi Belajar Bersama, dan melihat sejauh mana perbedaan yang dimiliki dari segi perhitungan signifikan statistik antara nilai rata-rata siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk mewujudkan tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan mengklasifikasi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas delapan tahun ajaran 2018-2019. Peneliti menentukan sampel sebanyak 72 siswa dan mengambil 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Peneliti menggunakan test “t” dalam menganalisis data. Adapun dalam teknik pengumpulan data, digunakan 3 teknik yaitu Observasi Langsung, Wawancara, dan Tes Tulis Qiro’ah. Penelitian ini menghasilkan: 1) terdapat perbedaan secara perhitungan statistik dalam nilai rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam pembelajaran Qiro’ah sampai kepada nilai rata-rata hitung untuk kelas ekperimen 89,33 dengan kategori “sangat baik” dan untuk kelompok kontrol 79,11 dengan kategori “baik” 2) adanya efektivitas dalam pengajaran dan pembelajaran Qiro’ah dengan menggunakan strategi Belajar Bersama dengan hasil “t” hitung (8,83) lebih besar dari”t” table (1,66) pada taraf signifikansi 5% dan (2,38) pada taraf signifikansi 1%. Berdasarkan hasil ini maka hipotetsis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dari hasil diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan strategi Belajar Bersama dalam pembelajaran keterampilan membaca pada siswa disekolah ini efektif.
Description: 58, viii
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46731
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
RESHINTA ZALDY-FITK.pdf15.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.