Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46729
Title: Pengaruh model pembelajaran conceptual change terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa
Authors: Fitria Maghfiroh
Advisors: Tita Khalis Maryati
Dindin Sobiruddin
Keywords: conceptual change;berpikir kritis;kuasi eksperimen
Issue Date: 17-Jul-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi akan memiliki analisis yang sangat baik terhadap suatu masalah sehingga kemampuan ini sangat penting untuk ditingkatkan dalam proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan Conceptual Change dan yang diajarkan dengan Konvensional, yaitu pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 10 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian post test only control design. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 37 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang diajarkan dengan Conceptual Change lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Saintifik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Conceptual Change berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Description: Skripsi ini terdiri dari 13 halaman romawi dan 153 halaman latin
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46729
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FITRIA MAGHFIROH-FITK.pdf11.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.