Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46726
Title: Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan
Authors: Fitri Rizkiyah
Advisors: Nengsih Juanengsih
Eny S. Rosyidatun
Keywords: pembelajaran berbasis proyek;kemampuan berpikir kreatif;pencemaran lingkungan
Issue Date: 25-Mar-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Kabupaten Tangerang dengan metode kuasi eksperimen yang menggunakan desain nonequivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 1 berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas ekperimen dan kelas X MIA 2 berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk uraian berjumlah 11 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,00, lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 (sig < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46726
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FITRI RIZKIYAH-FITK.pdf4.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.