Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46684
Title: Analisis Proses Pembelajaran IPS Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra di SMALB-A Pembina Tingkat Nasional Cilandak Jakarta Selatan
Authors: Nia Nurfitriannih
Advisors: Muhammad Arif
Zaharah
Keywords: Tunanetra;IPS;SMALB
Issue Date: 4-Jan-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus tunanetra di SMALB-A Pembina Tingkat Jakarta. (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran IPS pada anak berkebutuhan khusus tunanetra. (3) Untuk mengetahui kesulitan dan upaya apa saja yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi pemecahan masalah siswa berkebutuhan khusus tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada observasi, dilaksanakan untuk memperoleh data mengenai kondisi objek yang diteliti melihat dan mengamati beberapa kegiatan proses pembelajaran IPS di SMALB-A PTN dilakukan dengan pertanyaan yang telah disediakan oleh peneliti kemudian peneliti mengambil dokumentasi melalui dokumen-dokumen internal dan eksternal di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran IPS di SMALBA Pembina menggunakan Kurikulum 2013 dengan pendekatan scientific yang umumnya diterapkan di sekolah umum, hanya saja terdapat penyesuaian terhadap peserta didik, dengan mempertimbangkan kemampuan siswa tunanetra, metode yang digunakan, kebanyakan ceramah dengan kombinasi perpaduan metode yang lain seperti tanya jawab, media pelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran IPS yaitu media dengan alat peraga yang mudah diraba serta media dengan huruf braille. Faktor yang mempengaruhi yaitu ada faktor pendukung dari pengalaman guru-guru di sekolah tersebut yang mumpuni dalam mendidik siswa tunanetra adapun faktor penghambat yaitu kurangnya media pelajaran di SMALB-A Pembina. Kesulitan yang dihadapi oleh guru di SMALB-A yaitu kurangnya media pembelajaran di kelas sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPS maka upaya yang harus dilakukan adalah proses pembelajaran di kelas tetap harus dijalankan agar berjalan maksimal dengan melalui pemanfaatan media yang ada.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46684
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NIA NURFITRIANNIH-FITK.pdf8.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.