Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46657
Title: Pengaruh metode penugasan mini riset terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
Authors: Amalia Ulfa
Advisors: Meiry Fadilah Noor
Sillak Hasiany Siregar
Keywords: Pembelajaran;Metode Penugasan Mini Riset;Berpikir Kritis
Issue Date: 13-May-2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penugasan mini riset terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada konsep Sistem Endokrin. Kemampuan berpikir kritis mengacu kepada indikator berpikir kritis menurut Peter Facione, yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan regulasi diri. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di MA Negeri 4 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 18 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes esai kemampuan berpikir kritis berjumlah 12 soal. Analisis data postest kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan dengan menggunakan uji-t, taraf signifikan α = 0,05. Hasil pengujian diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,1137 dan t-tabel sebesar 2,0336, maka t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode penugasan mini riset terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Description: xviii, 325
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46657
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AMALIA ULFA-FITK.pdf14.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.