Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46625
Title: Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas x sma bina insani, tangerang tahun pelajaran 2018/2019
Authors: Nurul Hikmah
Advisors: Elvi Susanti
Keywords: Model peta pikiran;kemampuan menulis, teks anekdot
Issue Date: 15-May-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta
Abstract: Penelitian ini tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas x SMA Bina Insani, Tangerang, tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis teks anekdot. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Bina Insani, Tangerang pada kelas X semester I tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah preeksperimen dengan teknik one group pretest posttest design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 27 siswa pada kelas X-A sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa tertulis berbentuk esai (tes subjektif) menulis teks anekdot. Teknik analisis data menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 20. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran (mind mapping) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan menulis teks anekdot dengan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran (mind mapping). Rata-rata nilai pretest yang diperoleh yaitu sebesar 65,33. Setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran (mind mapping), maka diperoleh ratarata posttest sebesar 80,74. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih besar dibandingkan nilai pretest siswa yaitu 80,74 > 65,33. Uji Hipotesis dilakukan dengan cara menghitung uji t dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 20. Hasil uji t pretest dan posttest sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Bina Insani, Tangerang, tahun pelajaran 2018/2019.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46625
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NURUL HIKMAH-FITK.pdf3.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.