Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46620
Title: Peningkatan menulis karangan deskripsi melalui metode pembelajaran karyawisata pada siswa kelas vii smp islam ruhama cirendeu, tangerang selatan tahun pelajaran 2018/2019
Authors: Hasna Puspita Sari
Advisors: Mahmudah Fitriyah
Keywords: karangan deskripsi;pembelajaran menulis
Issue Date: 21-May-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta
Abstract: Penelitian ini berisi tentang peningkatan menulis teks deskripsi melalui metode pembelajaran Karyawisata pada siswa kelas VII materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan menulis karangan deskripsi melalui metode karyawisata pada siswa kelas VII SMP Islam Ruhama Cirendeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang didesain melalui penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, angket dan foto dokumentasi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari mengamati sikap aktivitas siswa yang termasuk dalam indikator menulis karangan deskripsi. Pengumpulan data dilakukan oleh guru sebagai peneliti selama pembelajaran, catatan lapanagan, dan hasil tes belajar menulis karangan deskripsi siswa. Hasil dari penelitian ini membuktikan metode Karyawisata dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata yang terus meningkat yaitu 60,8 pada pratindakan, 73,03 pada siklus I, dan 81,3 pada siklus II. Selain itu, peningkatan proses pembelajaran menulis deskripsi terlihat pada meningkatnya pertisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Ketertarikan siswa terhadap metode karyawisata membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46620
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
HASNA PUSPITA SARI-FITK.pdf7.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.