Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46544
Title: PENGARUH MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI ISLAM SISTEM REPRODUKSI MANUSIA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA MENJAGA KESEHATAN REPRODUKSI
Authors: Nia Maulidhia Ibrahim
Advisors: Yanti Herlanti
Meiry Noor Fadilah
Keywords: Integrasi;Kesehatan Reproduksi;Modul Biologi Terintegrasi Nilai Islam;Pengetauhan dan Sikap
Issue Date: 22-Jul-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul Biologi terintegrasi nilai Islam sistem reproduksi terhadap pengetahuan dan sikap siswa menjaga kesehatan reproduksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 di MAN 1 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling, dengan sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes pilihan ganda pada konsep sistem reproduksi dan angket kesehatan reproduksi remaja yang diadaptasi dari indikator kesehatan reproduksi remaja WHO (World Health Organization). Analisis data posstest menggunakan uji-t diperoleh signifikansi 0,019 < 0,05 maka H0 ditolak. Analisis data sikap menggunakan uji mann whitney diperoleh signifikansi 0,455 > 0,05 maka Ho diterima. Penelitian ini menunjukkan penggunaan modul Biologi terintegrasi nilai Islam sistem reproduksi berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan dan sikap siswa menjaga kesehatan reproduksi.
Description: xiii, 61
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46544
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NIA MAULIDHIA IBRAHIM (upload PT).pdf2.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.