Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46500
Title: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi Siswa Tunarungu Di SLB Santi Rama Cipete Jakarta Selatan
Authors: Nadya Safira
Advisors: H. Achmad Gholib
Keywords: Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti;tunarungu
Issue Date: 25-Jul-2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SLB Santi Rama Cipete Jakarta Selatan mulai dari kurikulum, metode, media, hingga teknik evaluasi yang diterapkan; 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti bagi siswa tunarungu di SLB Santi Rama Cipete Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pola pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kejadian-kejadian pada kegiatan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SLB Santi Rama, pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data dengan melakukan perpanjangan pengamatan dan proses triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan ketika sebelum di lapangan dan setelah di lapangan dengan beberapa tahapan, antara lain 1) organisasi data; 2) koding dan kategorisasi; dan 3) penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SLB Santi Rama yaitu kurikulum 2013 dengan memodifikikasi isi, bahan, dan tujuan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa tunarungu. Penerapan metode serta media khusus untuk pembelajaran PAI dan Budi Pekerti agar dapat lebih efektif dan efisien. Faktor pendukung pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SLB Santi Rama di antaranya: 1) kegiatan keagamaan; 2) program khusus; 3) program pembinaan guru, 4) tata letak ruang kelas. Di samping itu terdapat faktor penghambat pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di antaranya hambatan dalam berkomunikasi yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus sehingga kesulitan dalam memahami materi PAI dan Budi Pekerti yang bersifat abstrak. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi hambatan dalam proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SLB Santi Rama yaitu memberikan pembinaan kepada guru agar dapat mengembangkan kemampuan serta kreativitas setiap guru.
Description: skripsi ini terdiri dari VII halaman romawi dan 81 halaman
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46500
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NADYA SAFIRA-FITK.pdf7.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.