Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46498
Title: Pengaruh Pelaksanaan Full Day School Terhadap Interaksi Sosial dan Sosialisasi Anak di Lingkungan Masyarakat (Studi Kasus di MTs Attaqwa 10 Terpadu Bekasi)
Authors: Wais Al-Qurni
Advisors: Ulfah Fajarini
Keywords: Pengaruh, Full day, Anak
Issue Date: 23-Apr-2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penerapan full day school atau sekolah sehari penuh akan membawa dampak bagi siswa. Terlebih dalam hal bersosialisasi dengan lingkungannya, karena waktu mereka banyak digunakan untuk belajar di sekolah, sehingga waktu yang digunakan untuk berinteraksi dengan keluarga dan masyarakat di lingkungannya menjadi berkurang. Dari keadaan tersebut muncul pertanyaan. Apakah jumlah waktu belajar yang banyak itu mempengaruhi perkembangan sosial anak ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak full day school terhadap perkembangan sosial anak di pengaruh pelaksanaan full day school terhadap interaksi dan sosialisasi anak kelas VIII MTs At-Taqwa 10 Terpadu Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, metode, wawancara, Observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga bagian yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dampak positif dan dampak negatif dari pelaksanaan full day school terhadap perkembangan sosial anak. Dampak positif pelaksanaan full day school terhadap perkembangan sosial anak di MTs At-Taqwa 10 Terpadu Bekasi adalah: siswa lebih mudah bergabung dalam bersosialisasi karena hubungan mereka yang lebih intens, baik dengan teman maupun dengan guru, dengan program-program khusus yang diselenggarakan di sekolah ternyata juga memberi dampak yang positif terhadap perkembangan sosial anak. MTs At-Taqwa 10 Terpadu Bekasi juga mempunyai target tugas perkembangan sosial yang harus dicapai siswa dengan hal tersebut akan memberikan dampak yang positif karena MTs At-Taqwa 10 Terpadu Bekasi dapat membimbing dan mengevaluasi perkembangan sosial siswanya lebih terarah, sehingga dapat mencapai indikator yang telah ditentukan. Dampak negatif pelaksanaan full day school terhadap perkembangan sosial anak di MTs At-Taqwa 10 Terpadu Bekasi adalah kurangnya waktu siswa berinteraksi dengan keluarga dan masyarakat di lingkungannya.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46498
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
WAIS AL-QURNI-FITK.pdf5.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.