Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46496
Title: Manajemen Kurikulum Sekolah Unggulan Di Jakarta
Authors: MAHFUZ SYAFI’I
Advisors: Muhammad Zuhdi
Keywords: Kurikulum;Manajemen;Pengembangan;Unggulan
Issue Date: 2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Kurikulum merupakan ruh dalam sebuah pendidikan. Untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan maka yang pertama harus dilakukan adalah mengembangkan dan melengkapi kurikulum disesuaikan dengan potensi daerah serta tuntutan perkembangan zaman. Pendidikan akan mampu melahirkan anak-anak bangsa yang cerdas dan terampil ketika kurikulum dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dasar peserta didik. Dewasa ini, pengembangan kurikulum oleh lembaga pendidikan menjadi hal yang sangat dibutuhkan agar lembaga tersebut dapat bersaing dalam memberikan jaminan mutu pendidikan kepada masyarakat. Salah satu sekolah yang terbilang baru di provinsi DKI Jakarta yaitu SMAN Unggulan MH Thamrin dan Marasah Aliyah Kafila Jakarta. Adapun fokus masalah penelitian ini yaitu tentang manajemen kurikulum pada dua sekolah yaitu SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta dan Madrasah Aliyah Kafila Jakarta. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana manajemen kurikulum SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta dan Madrasah Aliyah Kafila Jakarta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) perencanaan kurikulum; (2) pengorganisasian kurikulum; (3) pelaksanaan kurikulum; dan (4) evaluasi kurikulum pada SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta dan Madrasah Aliyah Kafila Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan kualitatif interaktif yang berupa studi multi kasus, Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu data yang telah terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta dan Madrasah Aliyah Kafila Jakarta sebagai berikut: proses manajemen kurikulum dilakukan melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Kurikulum pada SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta dan Madrasah Aliyah Kafila Jakarta menggunakan konsep yang dipakai oleh model Hilda Taba. Pengembangan kurikulum pada SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta terdapat tiga bentuk pengembangan yaitu Kurikulum Nasional, Kurikulum Cambridge dan Kurikulum Olimpiade. Sedangkan pada Madrasah Aliyah Kafila Jakarta kurikulum dikembangkan ke dalam tiga aspek. pertama Aspek Kurikulum Madrasah meliputi kegiatan pendidikan formal, kedua aspek Kurikulum Keasramaan (pesantren) meliputi kegiatan keagamaan dan pembentukan karakter dan ketiga Kurikulum Tahfidzul Quran yakni pembinaan secara intensif kepada para siswa yang ingin mendalami, mengembangkan bakat dibidang menghafal Al-Qur‟an. Melalui proses manajemen kurikulum, hasil belajar yang didapat di SMAN Unggulan MH Thamrin dan MA Kafila Jakarta adalah; pertama, menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi di bidang sains. Kedua, aktif dalam kegiatan olimpiade dan ketiga, mendapat peringkat UN tertinggi pada instansi masing-masing. Namun dalam hal ini MA Kafila Jakarta tidak hanya unggul di bidang sains dan olimpiade saja, tetapi uggul juga dalam bidang agama dan Al-Qur‟an. Faktor pendukung yang dimiliki dalam manajemen kurikulum pada SMAN Unggulan MH Thamrin dan MA Kafila Jakarta diantaranya adalah; input peserta didik yang diperoleh di atas rata-rata, sarpras yang dimiliki sudah memadai bahkan melebihi satandar, tenaga pendidik sesuai dengan bidangnya masing-masing, proses pembelajarannya berasrama dengan pendekatan yang kekinian, dari segi pembiyaan semua kegiatan terpenuhi serta budaya dan organisasi lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat dalam manajemen kurikulum pada SMAN Unggulan MH Thamrin dan MA Kafila Jakarta diantaranya adalah; tuntutan target yang terlalu tinggi, pendataan online bagi para pengajar yang belum sesuai ketentuan, dan tekanan psikologis yang cukup tinggi.
Description: terdiri atas 24 halaman awal (romawi), 173 halaman isi
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46496
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
MAHFUZ SYAFI’I-FITK.pdf4.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.