Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46488
Title: Strategi Diferensiasi Pendidikan Islam
Authors: Tabi’in
Advisors: Zahrudin
Supangat
Keywords: Diferensiasi pendidikan;produk;layanan dan personil
Issue Date: 2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan semakin berkurang khususnya di sekolah Negeri, sehingga mengakibatkan berkurangnya jumlah peserta didik yang masuk pada lembaga-lembaga pendidikan termasuk sekolah Islam. Direktur Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) Kangsure Suroto mengungkapkan bahwa di Kota Surakarta pada tahun 2018 tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sekolah Negeri menurun yakni 75,9 %, sedangkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah swasta naik menjadi 82,9%. Salah satu penyebabnya adalah, kualitas layanan pendidikan kurang maksimal, (Herdiyanto, 2018:para.1-4) kondisi ini menuntut adanya terobosan baru yang berbeda dalam penyelenggaraan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis beragam upaya strategi diferensiasi pendidikan dalam mewujudkan layanan pendidikan yang berkualitas dengan obyek penelitian Kafila Internasional Islamic School (KIIS) Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan kualitatif interaktif yang berupa studi kasus, Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu data yang telah terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil peneitian ini menunjukan bahwa Strategi differensiasi input, proses dan output berhasil melakukan distinctive dari instansi pendidikan sebagai sekolah Islam model dalam inovasi pendidikan Islam . Input yakni terlihat pada aspek seleksi peserta didik, Guru dan Karyawan melalui berbagai tahapan yaitu seleksi administrasi, seleksi TPA dan seleksi wawancara. Proses yakni mencakup pada tiga aspek kegiatan,yaitu pertama kegiatan akademik meliputi kegiatan pendidikan/sekolah formal, kedua kegiatan boarding (asrama) yakni mencakup kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik dengan pembelajaran semi pesantren, sehingga seluruh peserta didik wajib tinggal di asrama sebagai upaya untuk mendapatkan pendidikan karakter /kepribadian islami. Ketiga, kegiatan tahfidzul qur’an, yakni pembinaan secara intensif kepada para siswa yang ingin mendalami, mengembangkan bakat dibidang menghafal alQur’an. Hal itu yang menjadi salah satu produk unggulan berdirinya lembaga pendidikan Kafila Internasional Islamic School. Output yakni produk unggulan dari hasil proses pembelajaran yang meliputi tiga kompetensi yaitu pertama kompetensi bidang sains dan matematika, kedua kompetensi bidang tahfidzul qur’an dan ketiga kompetensi sikap 10 karakter pribadi muslim.
Description: terdiri atas 8 halaman awal (romawi), 173 halaman isi
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46488
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
TABIIN-FITK.pdf4.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.