Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46445
Title: The use of frontloading strategy in teaching vocabulary
Authors: Wahyu Khoirunnisa
Advisors: Syauki
Neneng Sunengsih
Issue Date: 2019
Abstract: Kosakata adalah salah satu bagian diantara kegiatan kebahasaan yang sangat penting dalam mempelajari bahasa asing khususnya bahasa Inggris, karena tanpa sejumlah kosakata yang proposional, siapapun akan memiliki masalah dalam berbicara, membaca, mendengar, dan menulis. Dengan kata lain, hal pertama yang harus diketahui siswa untuk membantu pembelajaran bahasa mereka dalam bahasa asing, terutama bahasa inggris adalah kosakata. Ini berarti bahwa pembelajaran vocabulary sangatlah penting, terutama bagi siswa disekolah menengah pertama. Tujuan ini dengan menggunakan trategi Frontloading dalam mengajar kosakata. Startegi Frontloading adalah strategi yang dapat membantu siswa untuk memahami suatu bacaan. Ada tiga langkah dari strategi Frontloading: pertama, memperkenalkan konten kepada siswa. Kedua, membuat daftar kata-kata berdasarkan saran atau ide siswa. Dan yang ketiga, menambah dan merevisi daftar kata-kata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untung mendeskripsikan kegiatan strategi Frontloading dalam pengajaran kosakata siswa kelas delapan di SMP Attaqwa Pusat Putri Bekasi. PartisIpan dalam penelitian ini adalah VIII-B. Hasil penelitiaan ini termasuk mendeskripsikan kegiatan strategi Frontloading, penjelasan tentang partisipasi siswa dalam pembelajaran kosakata terutama dalam teks bahasa Inggris. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru harus melakukan beberapa persiapan seperti untuk memastikan bahwa semua bahan pengajaran yang dibutuhkan disiapkan tanpa ada yang tertinggal. Guru juga harus sering menggunakan pengucapan yang baik dan benar, dan mengeja kosakata baru hingga siswa dilatih dan dapat dengan mudah mengingat kosakata baru yang telah mereka pelajari. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa siswa menunjukkan partisipasi yang berbeda terhadap strategi Frontloading. Siswa juga mendapatkan beberapa manfaat dalam mengikuti kegiatan Frontloading untuk pemahaman mereka terhadap teks bahasa Inggris.
Description: terdiri dari 10 halaman awal, 66 halaman isi dan 13 lampiran
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46445
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
WAHYU KHOIRUNNISA-FITK.pdf6.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.