Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46343
Title: Pengaruh gaya pengasuhan orang tua, konsep diri, dan regulasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa kelas VIII MTS Pembangunan UIN Jakarta
Authors: Eha Soriha
Advisors: Bambang Suryadi
Keywords: motivasi berprestasi;gaya pengasuhan;konsep diri;regulasi diri
Issue Date: 4-Jun-2013
Publisher: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Motivasi berprestasi merupakan faktor yang penting dalam proses dan hasil belajar. Setiap individu mempunyai motivasi berprestasi yang berbeda-beda. Individu yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi menganggap kegagalan disebabkan oleh kurangnya usaha maka mereka akan berusaha lebih keras lagi untuk meraih keberhasilan, hal ini tidak dimiliki oleh individu yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Banyak faktor psikologis yang mempengaruhi motivasi berprestasi siswa, baik yang bersifat internal (dari dalam diri) maupun yang bersifat eksternal (dari luar individu). Diantara faktor internal adalah konsep diri dan regulasi diri, sedangkan faktor eksternal salah satunya adalah gaya pengasuhan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya pengasuhan orang tua, konsep diri, dan regulasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa kelas VIII MTs Pembangunan UIN Jakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Pembangunan UIN Jakarta yang berjumlah 254 siswa. Dari jumlah tersebut yang menjadi sampel penelitian sebanyak 236 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala: (1) motivasi berprestasi yang dikembangkan oleh Djaali & Muljono (2008), (2) Parental Authority Questionnaire (PAQ) yang dikembangkan oleh Buri (1991), (3) Self-Perception Profile for Adolescents (SPPA) yang diadaptasi oleh Hadley et.al (2008), dan (4) Self-Regulation Questionnaire (SRQ) yang dikembangkan oleh Miller & Brown (1991). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda (multiple regression analysis) dengan bantuan software SPSS versi 17.0, sedangkan untuk pengujian validitas konstruk menggunakan software LISREL versi 8.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya pengasuhan, konsep diri, dan regulasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa kelas VIII MTs Pembangunan UIN Jakarta; (2) proporsi varians dari motivasi berprestasi yang dijelaskan oleh seluruh independent variable (IV) sebesar 31.9 %, dan sisanya sebesar 68.1 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini; dan (3) ada satu dimensi dari gaya pengasuhan orang tua dan satu dimensi dari konsep diri yang berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa yaitu gaya pengasuhan authoritative dan scholastic competence.
Description: xvii, 161 hlm.; 29 cm.
metadata.dc.description.uri: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/submit#null
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46343
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
EHA SORIHA-FPSI.pdf2.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.