Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46319
Title: Pengaruh character strengths dan dukungan sosial keluarga terhadap perilaku eksplorasi karir pada siswa kelas IX di Jakarta Selatan
Authors: Linda Novella
Advisors: Risatianti Kolopaking
Keywords: character strengths;dukungan sosial;perilaku eksplorasi;jakarta selatan
Issue Date: 8-Jul-2015
Publisher: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Masih sedikit penelitian yang mengkaji tentang perilaku eksplorasi karir pada siswa Sekolah Menengah khususnya kelas IX, padahal pada tahap ini eksplorasi karir dibutuhkan untuk menentukan pilihan pendidikan selanjutnya. Perilaku eksplorasi karir menggambarkan pengetahuan tentang diri, minat dan kemampuan, lingkungan karir serta mengumpulkan berbagai informasi yang relevan untuk kemajuan karir, sebagai pedoman bagi siswa kelas IX dalam memilih dan memutuskan pendidikan selanjutnya. Character strengths sebagai proses mental yang bersifat positif, dan dukungan sosial keluarga memiliki peran penting dalam memotivasi perilaku eksplorasi karir pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh character strengths yang terdiri dari intellectual, leadership, otherdirected, temperance, transcendence, metacognitive dan dukungan sosial keluarga terhadap perilaku eksplorasi karir pada siswa kelas IX. Responden dalam penelitian adalah siswa kelas IX tahun ajaran 2014/2015 SMP Negeri 41 dan SMP Negeri 153 ( n= 497 responden) di Jakarta Selatan. Instrumen yang digunakan adalah, Exploration Career Checklist untuk mengukur eksplorasi karir, Values in Action Inventory Strenght of Youth untuk mengukur Character Strengths dan Social Provisions Scale untuk mengukur dukungan sosial keluarga. Uji hipotesis dilakukan dengan metode statistik multiple regreation analysis. Hasil uji statistik menunjukkan character strengths dan dukungan sosial keluarga memiliki pengaruh bersama yang signifikan terhadap perilaku eksplorasi karir remaja dengan sumbangan sebesar 39%, dan ada hubungan positif dari variabel intellectual, temperance dan metacognitive terhadap eksplorasi karir, sedangkan trancendence menunjukan hubungan negatif. Upaya untuk meningkatkan perilaku eksplorasi karir pada siswa diperlukan program sekolah yang akan meningkatkan perilaku eksplorasi karir, yaitu melalui kegiatan yang melibatkan keaktifan siswa seperti dalam kegiatan diskusi, ekskul, mengikuti training untuk mengembangkan diri, dan memberikan motivasi dengan memperhatikan kekuatan karakter yang positif
Description: xiii, 116 hlm.; 29 cm.
metadata.dc.description.uri: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/submit#null
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46319
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
LINDA NOVELLA-FPSI.pdf2.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.