Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46245
Title: Pengaruh Video Media Kartun Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Konsep Suhu dan Kalor
Authors: Umi Sultra
Advisors: Drs. Hasian Pohan, M.Si
Fathiah Alatas, M.Si
Issue Date: 9-Apr-2017
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video media kartun terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep suhu dan kalor. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Tangerang Selatan. Penelitian berlangsung pada bulan Maret 2016. Dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas X MIA 4, sedangkan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas X MIA 3. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control groud design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif, menghasilkan data berupa presentase yang kemudian dikonversi menjadi data kualitatif. Berdasarkan analisis data tes, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh video media kartun terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep suhu dan kalor. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney terhadap data posttest. Nilai Significance sebesar 0.001, sedangkan nilai taraf signifikansi sebesar 0.05 atau Significance < 0.05. Berdasarkan nilai N-Gain pembelajaran menggunakan video media kartun unggul meningkatkan semua jenjang kognitif (C1-C4). Selain itu pembelajaran menggunakan video media kartun ini memiliki daya dukung terhadap proses pembelajaran pada kategori baik, dengan persentase sebesar 75%.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46245
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
ABSTRAK.pdf182.27 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.