Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46203
Title: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
Authors: KADIR
Issue Date: 2016
Publisher: PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSWAGATI, CIREBON
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan menulis matematika dan aktivitas siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian dilaksanakan di MIN Bantargebang Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, obervasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis matematis siswa. Siswa secara bertahap meraih skor di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 pada akhir siklus II. Peningkatan kemampuan menulis matematis tersebut meliputi dimensi ketepatan, penggunaan istilah matematis, dan penjelasan berpikir matematis. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan partisipasi aktif siswa dari 55,83% siklus I menjadi 77,78% di siklus II.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46203
ISBN: 978-602-71252-1-6
Appears in Collections:Artikel



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.