Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46193
Title: Pendekatan Problem Possing tipe Within Solution Berbasis Konteks Islami Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa
Authors: KADIR
Issue Date: 31-Jul-2017
Publisher: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Series/Report no.: ;Vol.1, No.1
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP swasta di Kota Tangerang Selatan, tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran dengan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only yang melibatkan 2 kelas sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen diterapkan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami dan kelas kontrol diterapkan pendekatan konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran problem posing tipe within solution berbasis konteks islami lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t memberikan hasil yang sangat signifikan, dengan nilai signifikansi 0,0065 < 0,05 (taraf signifikansi yang ditetapkan). Pengujian yang didasarkan pada nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 62,23 memberikan nilai kuasa uji sebesar 0,712. Hal ini menyatakan bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas dengan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami sebesar 62,23 menunjukkan nilai yang lebih besar dari pada nilai ratarata kelas dengan pendekatan konvensional.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46193
ISSN: 2580-4596
Appears in Collections:Artikel



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.