Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46143
Title: META-ANALISIS EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN SAINS DAN MATEMATIKA
Authors: KADIR
Keywords: Meta-Analisis, Effect Size;Pendekatan Problem Solving, Pembelajaran, Sains dan Matematika.
Issue Date: Oct-2013
Publisher: LEMBAGA PENELITIAN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menelaah efektivitas pendekatan problem solving dalam pembelajaran Sains dan Matematika. ditinjau dari aspek: (1) hasil belajar sains dan matematika secara keseluruhan; (2) jenjang pendidikan subyek; (3) lama waktu perlakuan; (4) bidang ilmu yang diteliti; (5) ukuran sampel penelitian; dan (6) variabel moderator yang dilibatkan dalam penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah survai dan analisis terhadap jurnal penelitian dengan mengambil 16 buah artikel hasil penelitian dalam jurnal internasional sebagai unit analisis kemudian dikelompokkan menjadi 128 subpenelitian. Pengaruh relatif dari penelitianpenelitian yang menerapkan pendekatan problem solving dalam pembelajaran Sains dan Matematika dilakukan dengan menggunakan teknik meta-analisis dari Glass. Kesimpulan hasil penelitian bahwa: (1) Secara keseluruhan pendekatan problem solving dalam pembelajaran Sains dan Matematika mampu meningkatkan hasil belajar responden pada kelompok eksperimen sebesar 1,079 kali simpangan baku kelompok kontrol. Ternyata pendekatan problem solving memberikan pengaruh yang lebih efektif daripada pendekatan lain pada kelompok kontrol, (2) Pendekatan problem solving dari segi jenjang pendidikan subyek dalam pembelajaran Sains dan Matematika mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 1,130 kali simpangan baku kelompok kontrol yang bukan perlakuan pendekatan problem solving. Ternyata jenjang pendidikan Mahasiswa dan pelatihan Guru memberikan besar pengaruh pendekatan problem solving tergolong tinggi dibandingkan dengan jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA, (3) Pengaruh pendekatan problem solving ditinjau dari lama waktu perlakuan adalah tergolong tinggi yaitu 2,037 kali simpangan kelompok kontrol. Ternyata perlakuan selama 6 minggu memberikan besar pengaruh pendekatan problem solving tergolong tinggi dibanding 2 minggu, 3 minggu, 8 minggu, 4 bulan, 1 semester, dan 1 tahun, (4) Pengaruh pendekatan problem solving pada kelompok eksperimen berdasarkan jenis bidang ilmu sebesar 1,425 kali simpangan baku kelompok kontrol. Ternyata bidang ilmu Fisika memberikan besar pengaruh tertinggi dibandingkan dengan bidang Self Regulation Learning, Desain Pembelajaran, Pembelajaran Matematika Sekolah, Sains, Agricultural, Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer, dan bidang ilmu Kimia, (5) Pengaruhpendekatan problem solving ditinjau dari ukuran sampel sebesar 2,066 kali simpangan baku kelompok kontrol. Besar pengaruh pendekatan problem solving tertinggi untuk ukuran sampel penelitian sebesar 80 orang, dikuti 620, 268, 60, 32, 102, 104, 77, 240, 86, 49, 47, 92, dan terendah 122 orang, (6) Pengaruh pendekatan problem solving dengan pelibatan atribut atau variabel moderator adalah tergolong tinggi yaitu 2,026 kali simpangan kelompok kontrol. Besar pengaruh pendekatan problem solving tertinggi bila dikombinasikan (interaksi) variabel gender.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46143
ISBN: 978-602-9483-17-8
Appears in Collections:Buku



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.