Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46121
Title: Pengaruh kecerdasan emosi, motivasi berprestasi, dan profil demografi terhadap adversity quotient mahasiswa penghafal al-qur’an
Authors: Atina Mahdiyya Theofani
Advisors: Bambang Suryadi
Keywords: Demografi;Adversity Quotient;Penghafal Al-Qur’an.;Motivasi
Issue Date: 9-Oct-2018
Publisher: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Adversity quotient dibutuhkan mahasiswa penghafal Al-Qur’an dalam menghadapi tantangan serta hambatan selama proses menghafal Al-Qur’an, sehingga mampu mengubahnya menjadi batu loncatan untuk menyelesaikan dan menjaga hafalan 30 juz Al-Qur’an semasa berkuliah. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan pengaruh variabel kecerdasan emosi, motivasi berprestasi, dan profil demografi terhadap adversity quotient mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini melibatkan sampel 205 mahasiswa penghafal Al-Qur’an dengan teknik nonprobability sampling (purposive sampling). Peneliti memodifikasi alat ukur yang terdiri dari AQP (Adversity Quotient Profile), AES (Assessing Emotion Scale), AMI (Achievement Motivation Inventory). Uji validitas alat ukur menggunakan teknik confimatory factor analysis (CFA). Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji statistik, terdapat pengaruh yang signifikan pada kecerdasan emosi, motivasi berprestasi, dan profil demografi terhadap adversity quotient mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Adapun dimensi yang signifikan berpengaruh adalah pengaturan emosi diri dari variabel kecerdasan emosi dan pengendalian diri dari variabel motivasi berprestasi. Sedangkan dimensi yang berpengaruh namun tidak signifikan adalah persepsi emosi, penanganan emosi oranglain, pemanfaatan emosi, daya saing, menerima perubahan, kemandirian, jenis kelamin, usia, dan lingkungan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan melibatkan variabel religiusitas, spiritualitas, dan pola asuh orang tua. Diharapkan mahasiswa penghafal Al-Qur’an dapat meningkatkan kemampuan pengaturan emosi, pengendalian diri, serta menjadikan adversity quotient sebagai ilmu praktis dalam menghadapi permasalahan hidup. Selain itu, lembaga tahfidz qur’an perlu lebih memahami santri dari perspektif kejiwaannya, serta lebih memperhatikan kualitas, kurikulum, dan tenaga pengajar agar dapat membantu dan memfasilitasi masyarakat yang ingin menjadi hafidz.
Description: xv, 99 hlm. ; 29 cm.
metadata.dc.description.uri: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/submit#null
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46121
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ATINA MAHDIYYA THEOFANI-FPSI.pdf3.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.