Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46027
Title: Dakwah Novel and Commodification of Islam in Indonesia: The Case of Verses of Love
Other Titles: Hasil Uji Turnitin Artikel Jurnal
Authors: Syamsul Rijal
Advisors: -
Keywords: Research Subject Categories::HUMANITIES and RELIGION
Issue Date: 2010
Publisher: Fakultas Dakwah UIN Antasari
Series/Report no.: Vol. 09;No. 18
Abstract: Artikel ini menghadirkan kajian tentang fenomena meningkatnya komodifikasi Islam di Indonesia pasca Orde Baru. Hal ini antara lain dibuktikan dengan larisnya Novel-novel bercorak dakwah seperti Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy di kalangan masyarakat Muslim Indonesia. Tulisan ini melacak faktor-faktor penting yang berperan dalam mendongkrak popularitas novel-novel dakwah dengan melihat setting sosial-politik Indonesia dari rejim Soeharto sampai kejatuhannya. Disamping pendekatan politik, penulis juga meminjam teori-teori budaya populer (pop-culture) untuk menjelaskan fenomena tersebut. Penulis berargumen bahwa maraknya konsumsi produk-produk Islami, termasuk novel Ayat-ayat cinta, tidak bisa dilepaskan dari perkembangan lanskap sosial politik yang berkontribusi mendorong menaiknya ekspresi kesalehan Muslim setelah jatuhnya Soeharto. Fenomena kesalehan Muslim ini pada gilirannya mengarah kepada komodifikasi Islam secara besar-besaran. Larisnya novel-novel dakwah di pasaran merupakan fakta sosial yang menunjukkan adanya peningkatan praktek konsumerisme di satu pihak, serta peningkatan kesalehan Muslim Indonesia di pihak yang lain.
Description: -
metadata.dc.description.uri: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/index
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46027
ISSN: 1412-9515
Appears in Collections:Post Print



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.