Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45931
Title: Pengaruh Model Pembelajaran ALACT Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa
Authors: Akma M. Rambe
Advisors: Kadir
Eva Musyrifah
Keywords: alact bernuansa etnomatematika;kemampuan berpikir reflektif matematis
Issue Date: May-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Model Pembelajaran ALACT Bernuansa Etnomatematika terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis (KBRM) siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Islamiyah Ciputat Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain randomized posttest only control group melibatkan 60 siswa sebagai sampel, terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes KBRM. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa KBRM yang diajarkan dengan model pembelajaran ALACT Bernuansa Etomatematik lebih tinggi daripada KBRM yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir reflektif matematis meliputi kemampuan menginterpretasi masalah, memprediksi penyelesaian, menguji kemungkinan pemecahan, dan mengevaluasi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ALACT Bernuansa Etnomatematika lebih efektif meningkatkan KBRM, dibandingkan pembelajaran konvensional (
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45931
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AKMA M. RAMBE-FITK.pdf1.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.