Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45885
Title: Pola Komunikasi Ustadz Ali Fahrudin, Ma Dalam Pembinaan Tahfizhul Quran
Other Titles: --
Authors: Zainuddin Lubis
Advisors: Masran
Keywords: komunikator, pesan, komunikate, media, dan juga efek.;pembinaan tahfizul Quran
Issue Date: 12-Dec-2009
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi di mana kondisi seorang Ustadz muda sukses membina para hufadz ditengah-tengah kehidupan yang penuh dengan glamornya kota jakarta. Kondisi Jakarta sebagaimana diketahui di mana segala sesuatunya dinilai dengan uang. Ustadz muda ini mendidik santrinya penuh dengan kesabaran dan kesahajaan. Kondisi seperti ini amat jauh berbeda di mana kebanyakan orang malah sibuk memikirkan kehidupan dunia belaka. Ia juga tidak mengharapkan bayaran dari pembinan tersebut. Adapun yang menjadi concern penelitian ini ialah Pola Komunikasi yang terjadi antara Ustadz Ali Fahrudin, MA dengan peserta didik dalam pembinaan tahfizul Quran serta Pola Komunikasi antara sesama peserta didik. Bentuk komunikasi merupakan salah satu penentu berhasil tidaknya seorang ustadz mendekati muridnya. Setelah 5 unsur komunikasi terpenuhi yakni komunikator, pesan, komunikate, media, dan juga efek. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan ialah interview dan wawancara mendalam. Penulis melakukan wawancara kepada Ustadz Ali Fahrudin (selaku pembina), beserta peserta tahfizul Quran mereka ialah Asep Saepul Amri, Aruma Adi Sutrisno, Mustofa Hulayin, Safran Harahap, Rahmatullah Nurhidayat, dan Mas Arif. Kesimpulan yang penulis dapatkan dari penelitian ini ialah Ustadz Ali Fahrudin dalam membina hafidz berinteraksi dengan peserta didik menggunakan komunikasi antar pribadi untuk mengenal lebih dekat para peserta. Mereka dikelompokan oleh Ustadz dengan tujuan agar terjadi komunikasi yang intim diantara mereka sehingga nantinya mereka tidak merasa canggung. Komunikasi antar pribadi juga terjadi antar sesama peserta didik yang di tandai dengan masing-masing peserta menanyakan asal mereka, tujuan mereka dan lain sebagainya.
Description: iv, 73 hlm,; 29 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45885
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ZAINUDDIN LUBIS-FDK.pdf562.01 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.