Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45874
Title: Pengaruhfaktor demografis, keterlibatan orang tua, konsep diri akademik dan self-efficacy terhadap prestasi Akademik
Authors: Adam Yalfiz Hakki
Advisors: Diana Mutiah
Keywords: demografis;keterlibatan orang tua;konsep diri;self-efficacyter
Issue Date: 14-May-2018
Publisher: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor demografis (jenis kelamin, pendidikan orang tua, dan penghasilan orang tua), keterlibatan orangtua (keterlibatan orang tua dirumah dan keterlibatan orang tua disekolah), konsep diri akademik (Self confident dan self effort), dan self-efficacy terhadap prestasi siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda yang melibatkan populasi sebanyak 304 siswa dengansampel sebanyak 283 siswa kelas 8 dan 9 (perempuan 120; laki-laki 163), dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling, yaitu teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah hasil adaptasi dari Hoover-Dampsey dan Sandler (2005) mengenai aktifitas keterlibatan orang tua. Skala Academic Self Concept scale (ASC scale) dari Liu dan Wang (2005) untuk mengukur konsep diri akademik, dan untuk skala self-efficacy menggunakan alat ukur yang digunakan oleh Pertiwi (2015) yang mengacu pada teori Bandura. Untuk pengujian validitas konstruk menggunakan Lisrel 8.7 Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari faktor demografis, keterlibatan orang tua, konsep diri akademik dan self-efficacy terhadap prestasi akademik sebesar 36% sedangkan 64% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Variabel-variabel yang memberikan pengaruh tersebut adalah jenis kelamin sebesar 32,5% dan self-efficacysebesar 2%. Penulis menyarankan untuk penelitian selanjutnya agar menggunakan variabel lainnya seperti inteligesi, minat, motivasi dan faktor pendekatan belajar seperti speculative dan achieving, analytical dan deep, reproductive dan surfaceuntuk mengukur prestasi siswa.
Description: xv, 87 hlm. ; 29 cm.
metadata.dc.description.uri: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/submit#null
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45874
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ADAM YALFIZ HAKKI-FPSI.pdf2.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.