Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45864
Title: Pengaruh store atmosphere dan self-esteem terhadap impulse buying pengunjung Toko Ritel
Authors: Redo Tridinata Wijaya
Advisors: Desi Yustari Muchtar
Keywords: store atmosphere;self-esteem;impulse buying;toko ritel
Issue Date: 21-Aug-2018
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Psikologi, 2018
Abstract: Perilaku impulse buying dapat menyebabkan permasalahan yang dapat merugikan individu seperti perasaan bersalah yang sering timbul setelah melakukan pembelian barang yang tidak terlalu berguna, serta menjadi pribadi yang boros karna tidak dapat mengatur keinginan dan kebutuhan. Oleh karena itu penting untuk memberikan perhatian lebih terhadap perilaku impulse buying. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh store atmosphere (cleanliness, music, scent, temperature, lighting, color, dan display/layout) dan self esteem terhadap impulse buying pengunjung toko ritel Alfamidi Kertamukti. Impulse buying dalam penelitian ini adalah pembelian yang tidak rasional dan diasosiasikan dengan pembelian yang cepat dan tidak direncanakan, diikuti oleh adanya konflik pikiran dan dorongan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Populasi merupakan pengunjung toko ritel Alfamidi Kertamukti. Sampel berjumlah 251 konsumen dengan 141 konsumen perempuan dan 110 konsumen laki-laki. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling, dengan metode yang digunakan accidental sampling. Penulis menggunakan alat ukur Impulse Buying Tendency Scale (IBTS) yang dikembang oleh Verplanken dan Herabadi (2001) untuk mengukur impulse buying, alat ukur yang dikembangkan Hussain dan Ali (2015) untuk mengukur store atmosphere, dan alat ukur Self-Liking and Competence Scale- Revised (SLCS-R) yang dikembangkan oleh Tafarodi dan Swann (2001) untuk mengukur self-esteem. Untuk menguji validitas alat ukur menggunakan CFA(Confirmatory Factor Analysis). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere dan self esteem memberikan pengaruh yang signifikan terhadap impulse buying pengunjung toko ritel Alfamidi Kertamukti. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa lighting dan self-esteem memiliki pengaruh yang signifikan terhadap impulse buying. Sementara itu, cleanliness, music, scent, temperature, color, dan display/layout pengaruhnya tidak signifikan terhadap impulse buying. Hasil penelitian juga memperoleh R-square sebesar 0.283 atau 28,3%. Artinya, proporsi varians dari impulse buying yang dijelaskan oleh seluruh variabel independen adalah 28,3% sedangkan 71,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Penulis berharap implikasi dari hasil penelitian ini dapat dikaji kembali dan dikembangkan pada penelitian selanjutnya dengan menambahkan variabelvariabel lainnya.
Description: xiii, 66 hlm.; 29 cm
metadata.dc.description.uri: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/submit#null
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45864
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
REDO TRIDINATA WIJAYA-FPSI.pdf5.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.