Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45713
Title: استخدام الألعاب اللغوية في تطوير مهارة القراءة ودوافع التعلم لدى طلبة المدارس الثانوية الاسلامية )بالتطبيق على مدرسة )الخيرية( الثانوية الإسلامية سيرانج(
Authors: Ira Fardiawati
Advisors: Torkis Lubis
Keywords: Permainan bahasa, pengajaran Qira’ah, motivasi belajar
Issue Date: 23-May-2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Sesungguhnya permainan pada saat ini bukan hanya media untuk hiburan atau untuk menghabiskan waktu senggang saja, tetapi permainan menjadi suatu hal yang penting untuk perkembangan akal dan pengetahuan seseorang. Dan salah satu strategi yang efektif yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan memperbaikinya bagi para murid. Permainan bahasa juga bisa menjadikan para pengajar lebih aktif dan lebih bisa berinteraksi dalam kegiatan belajar mengajar, dan bisa menempatkan atau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Serta membantu mereka memusatkan perhatian, kemampuan, khayalan, dan kreatifitas. Permainan adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia di atas muka bumi ini ketika mereka memiliki kepentingan bahasa baik itu dari kalangan kecil atau besar, sama saja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan penggunaan permainan bahasa khususnya permainan kartu dalam pembelajaran qira’ah dan motivasi belajar siswa di Madrasah ini, dan juga untuk mengetahui pengaruh permainan kartu bahasa dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam kemampuan bahasa dan motivasi siswa setelah menggunakan permainan bahasa, serta untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penggunaan permainan bahasa khususnya permainan kartu di madrasah ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Rumus yang digunakan untuk menganalisis adalah “uji t”. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dan wawancara, observasi, pretest dan posttest serta penyebaran angket. Instrument penelitian meliputi pedoman wawancara, kegiatan pembelajaran di kelas, dan juga lembar angket. Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa nilai motivasi kelas kontrol dan eksperimen memperoleh signifikasi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh permainan bahasa dalam penelitian ini yaitu kartu bahasa terhadap motivasi belajar siswa. Postest gabungan memperoleh signifikasi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh permainan bahasa terhadap kemampuan kognitif siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45713
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
IRA FARDIAWATI-FITK.pdf6.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.