Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45613
Title: أثر استخدام لعبة السلم والثعبان في تعليم مهارة الكلام (دراسة تجريبية في مدرسة بنبانجونان المتوسطة الإسلامية جاكرتا)
Authors: Zuqriva Hayati
Advisors: Ahmad Dardiri
Maswani
Keywords: Pengajaran Keterampilan Berbicara, Permainan Ular Tangga.
Issue Date: 2-May-2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Zuqriva Hayati (11140120000008), Judul Skripsi: “Pengaruh Penggunaan Permainan Ular Tangga dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan Jakarta”. Peneliti memilih judul ini dikarenakan adanya masalah dalam pembelajaran keterampilan kalam, diantaranya kurangnya minat siswa dalam belajar bahasa arab karena adanya pengaruh psikologis bahwa bahasa arab tidak termasuk mata pelajaran ujian nasional. Dan juga kurangnya keberanian dalam mengungkapkan ide mereka dikarenakan takut salah dalam berbicara. Dan mereka kurang memperhatikan penjelasan guru karena masih menggunakan metode tradisional dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan para siswa kelas VIII dalam belajar keterampilan berbicara dengan menggunakan permainan Ular Tangga dan mengungkap hasil belajar keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan permainan ini dan tanpa permainan ini serta pengaruhnya dalam kemampuan keterampilan berbicara di sekolah ini. Penelitian yang disajikan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen dan disini peneliti menganalisis dan menjelaskan data. Dan peneliti menggunakan dua kelompok pengajaran, diantaranya: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dan kelompok eksperimen menggunakan permainan ini dalam pengajaran dan mereka merupakan siswa kelas 8G dengan jumlah 30 siswa. Sedangkan kelompok kontrol mereka yang tidak menggunakan permainan ini dalam pengajarannya dan mereka merupakan kelas 8F dengan jumlah 30 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi langsung, wawancara, dan tes lisan.Peneliti menggunakan rumus T-test untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan permainan Ular Tangga dalam pengajaran keterampilan berbicara di sekolah ini. Dan setelah peneliti melakukan tes lisan pada siswa, peneliti mengungkap bahwasannya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol ketika Post-Test. Maka kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 85,00 dan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 78,70 dan nilai To 4,78 lebih besar dari nilai T tabel yaitu 1,671 dengan standar 5%. Dengan demikian Hipotesis Nihil ditolak dan Hipotesis Alternatif diterima. Dengan demikian penggunaan permainan Ular Tangga dalam pengajaran keterampilan berbicara di sekolah ini menunjukkan pengaruh.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45613
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ZUQRIVA HAYATI-FITK.pdf16.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.