Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45604
Title: تحليل الأخطاء الإملائية لدى الطلاب بالصف الثامن بمدرسة الحكمة الكريمة المتوسطة الإسلامية تاننجرانج الجنوبية
Other Titles: Analisis Kesalahan Imla Pada Siswa Kelas Delapan SMPI al-Hikmah al-Karimah Tangerang Selatan
Authors: Fitri Laily
Advisors: N. Lalah Alawiyah
Mukhson Nawawi
Keywords: Analiss Imla
Issue Date: 17-May-2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kesalahan menulis Bahasa Arab (imla) yang terjadi pada siswa dan memaparkan jenis kesalahan apa saja yang sering dilakukan. penelitian ini pun mengungkap sejauh mana perkembangan kemampuan siswa dalam belajar bahasa arab terutama pada keterampilan menulis. dalam penelitiannya, peneliti menagmbil sampel dari kelas 8. metode yang digunakan adalah metode penlitian kualitatif-deskriptif dan analisis kesalahan sebagai acuannya. langkah penelitian dilakukan dengan cara mengambil data terlebih dahulu yakni dengan mengobservasi secara langsung kegiatan belajar mengajar Bahasa Arab, kemudian siswa dibeikan tes imla untuk mengukur kemampuannya. Setelah itu analisis pengungkapan sifat kesalahan dan penggolongan serta menafsirkannya. Peneliti menentukan nilai rerata dengan menggunakan rumus meanuntuk mengetahui kemampuan secara keseluruhan. sementaraitu untuk mengetahui kemampuan secara pribadi siswa, peneliti menggunakan analisis kesalahan dalam memeriksa jawaban siswa dengan menggunakan standar ukur Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) kelas VIII dengan nilai 78. Nilai keseluruhan rata-rata seluruh siswa kelas 8 ada pada angka 75,6. kesalahan imla pada penulisan hamzah washal dan qatha' terjadi sekitar 36,30%, kesalahan pada penulisan alif layyinah sekitar 50,83%, kesalahan pada penulisan ta di akhir kata sekitar 12,5%, kesalahan penulisan pada al syamsiyah dan qamariyah sekitar 15,83% dan kesalahan pada penulisan kata yang memiliki kesamaan dalam bunyi berkisar 14,93%. ini menunjukkan kemampuan siswa secara umum pada tingkat baik (Jayyid). Akan tetapi jika diukur dengan KKM, maka siswa yang lulus berjumlah 8 siswa dan 16 siswa berada di bawah KKM. Hal ini menunjukkan hanya 33,33% siswa yang memiliki kemampuan dalam menulis Bahasa Arab (imla).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45604
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FITRI LAILY-FITK.pdf5.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.