Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45361
Title: Atsaru istikhdami uslubi anqadah ad-Dalalah fi ta`lim mufrodaat lada ad-Daarisiin bi madrasah "Islamiyah" Ciputat
Authors: Yadin La Udin
Advisors: Siti Uriana Rahmawati
Wati Susiawati
Keywords: pengaruh; cluster semantik; pembelajaran kosakata
Issue Date: 2-May-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Pembelajaran kosakata merupakan hal mendasar dalam pembelajaran bahasa. Tanpa meguasai kosakata pelajar tidak akan dapat menguasai keterampilan berabahasa yang empat: mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam pembelajaran kosakata guru cenderung mengunakan cluster semantik dalam penyedian kosakata. Hal ini terjadi karena guru mengikuti buku paket ajaran. Dalam penggunaan model ini, para ahli bahasa berbeda pandangan, sebagian menyetujui penggunaannya sedangkan yang lain tidak setuju dengan penggunaan cluster semantik dalam pembelajaran kosakata. Maka pada penilitian ini, peniliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh cluster semantik dalam pembelajaran kosakata, mengetahui kemampuan siswa dalam belajar kosakata, dan mengetahui penggunaan cluster semantik. Metode yang digunakan peniliti dalam penilitian ini yaitu penilitian kuantitatif dengan metode eksperimen, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penilitian ini adalah wawancara, observasi dan tes. Adapun populasi penelitian adalah kelas 8 MTs Islamiyah Ciputat pada tahun ajaran 2018/2019. Dengan jumlah 87 siswa. Di antaranya 28 siswa kelas 8 “Ibnu Rusyd” sebagai kelas experiment dan 28 siswa kelas 8 “Ibnu Sina” sebagai kelas kontrol. Dalam menganalisis data, peniliti menggunkan rumus t-test dengan kaidah Fisher untuk mengetahui pengaruh Cluster Semantik dalam pembelajaran kosakata. Setelah penggunaan Cluster semantik, terlihat pengaruh cluter semantik dalam pembelajaran kosakata dan kemampuan siswa dalam menyimpan kosakata, dan nilai pembelajaran kosakata. dan setelah mengadakan test, para siswa mendapatkan nilai rata-rata 74 pada kelompok eksperimen dan 77 pada kelompok kotrol. Dengan demikian, ini menunjukan nilai rata-rata kelas kontrol lebih besar daripada nilai rta-rata kelas eksperimen. Dan peniliti setelah melakukan perhitungan, menemukan bahwa nilai t_o yaitu 0,38 Dan nilai t_t 2,390 Utnuk 5%. Maka nilai t_o lebih kecil daripada nilai t_t dan ini menunjukan bahwa hipotesa alternatif (Ha) ditolak dan hipotesa nihil (Ho) diterima. Dengan ini peniliti menyimpulkan bahwa penggunaan cluster semantik pada pembelajaran kosakata tidak berpengaruh dengan baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45361
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Yadin LA Udin.pdf7.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.