Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45324
Title: Pengaruh metode pembelajaran quantum learning terhadap retensi peserta didik pada konsep sistem pernapasan
Authors: Laila Mahmudah
Advisors: Baiq Hana Susanti
Yuke Mardiati
Keywords: metode quantum learning;retensi peserta didik;konsep sistem pernapasan
Issue Date: 25-Mar-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran quantum learning terhadap retensi peserta didik pada konsep sistem pernapasan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 87 Jakarta pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 36 orang. Proses pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan metode quantum learning. Adapun di kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar ranah kognitif berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 soal. Analisis data dari kedua kelompok dilakukan menggunakan uji-t retest II. Hasil yang diperoleh yaitu nilai t-hitung sebesar 5,680 dan nilai t-tabel dengan taraf signifikasi 5% sebesar 1,994. Data menunjukkan t-hitung > t-tabel. Dapat disimpulkan bahwa metode quantum learning berpengaruh signifikan terhadap retensi peserta didik pada konsep sistem pernapasan di SMAN 87 Jakarta
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45324
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Laila Mahmud.pdf9.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.