Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45274
Title: Upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam melalui penerapan metode index card match di Kelas VII-3 SMPN 66 Jakarta
Authors: Ahmad Ginanjar
Advisors: Heny Narendrany Hidayati
Keywords: hasil belajar;metode index card match;PTK
Issue Date: 22-Apr-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Index Card Match pada siswa kelas VII-3 SMPN 66 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar wawancara, tes hasil belajar PAI dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-3 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa setiap siklusnya. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar 76,82 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 83,81. Selain meningkatkan hasil belajar siswa, penerapan metode Index Card Match dalam proses pembelajaran juga dapat membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa yang mengalami peningkatan di setiap siklusnya serta siswa terlihat antusias selama proses pembelajran berlangsung, sehingga hal ini berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45274
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Ahmad Ginanjar.pdf13.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.