Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45267
Title: Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam al-qur'an surat al-furqan ayat 63-77
Authors: Achmad Syaifulloh
Advisors: Abdul Ghofur
Keywords: nilai;pendidikan akhlak;Al-Qur'an;Al-Furqan 63-77
Issue Date: 9-Apr-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam QS. Al-Furqan ayat 63-77, (2) untuk menjelaskan penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam QS. Al-Furqan ayat 63-77. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian kualitatif melalui library research (kajian studi kepustakaan), dengan cara mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya, yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, kemudian dianalisis dengan metode tahlili, yaitu metode penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an yang dilakukan dengan cara memaparkan segala aspek yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an yang ditafsirkan dan mendeskripsikan uraian-uraian makna yang terkandung di dalamnya. Untuk mendukung penelitian ini, penulis menggunakan sumber utama kitab tafsir, diantaranya Tafsir Al-Maraghi karya Ahmad Musthafa Al-Maraghi, Tafsir Fi Zilalil Qur’an karya Sayyid Qutb, Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan Tafsir Al-Azhar karya H. Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka). Dalam Surat Al-Furqan Ayat 63-77 terkandung nilai-nilai pendidikan akhlak, diantaranya bersikap tawadhu’, sopan dalam berkomunikasi, jujur, disiplin waktu, ikhlas dalam menerima kritik, mengesakan Allah, berdoa hanya kepada Allah, membiasakan diri dengan qiyamullail, berinfaq dengan adil, serta menghindarkan diri dari perbuatan maksiat.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45267
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Skripsi Bab 1,2,3,5 WM.pdf3.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.