Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45108
Title: Pengaruh model inquiry guided learning terhadap keterampilan metakognitif peserta didik pada konsep sistem sirkulasi
Authors: Melda Ambarwati
Advisors: Zulfiani
Yuke Mardiati
Keywords: inquiry guided learning;keterampilan metakognitif;metacognitive skill scale
Issue Date: 29-Jan-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry guided learning terhadap keterampilan metakognitif peserta didik pada konsep sistem sirkulasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober – November 2018 di SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen berbentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen kuesioner keterampilan metakognitif menggunakan instrumen metacognitive skill scale yang diadaptasi dari Mustafa Altindagh, dkk (2014). Analisis data pre-post questionnaire keterampilan metakognitif peserta didik menggunakan uji Mann Whitney. Hasil pengujian diperoleh nilai p<0,05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model inquiry guided learning terhadap keterampilan metakognitif peserta didik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45108
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Melda Ambarwati Watermark.pdf13.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.