Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44855
Title: Pembelajaran matematika dengan problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa
Authors: Gelar Dwirahayu
Keywords: problem based learning;berfikir kritis
Issue Date: Feb-2014
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten
Abstract: Abstrak Kemampuan yang dikembangkan dalam pendidikan adalah kemampuan kognitif , kecakapan skills, sikap beragama dan sikap sosial.Kemampuan berfikir beragam mulai berfikir sederhana sampai berfikir tingkat tinggi.Matematika merupakan salah satu mata pelajaran disekolah yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa karena matematika sebagai alat , pembentuk pola fikir, dan ilmu pengetahuan .untuk itu,salah satu tujuan penelitian ini : Membandingkan kemampuan berfikir kritis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Problem Based Learning dan yang menggunakan pendekatan konvensional .Penelitian dilaksanakan di SMKN Babelan 1 Bekasi dengan mengambil dua kelompok sampel dengan teknik cluster random sampling,yaitu kelas X EI sebagai kelas eksperimen dan kelas X E3 sebagai kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen , dengan desain Two Group Randomized Subject Post Only, Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan PBL lebih tinggi dari rata-rata kemempuan berfikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44855
ISSN: 1979-3545
Appears in Collections:Pre Print

Files in This Item:
File SizeFormat 
8. Gelar-Ahmad JPPM2014-7-1.pdf2.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.