Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44765
Title: Pengaruh persepsi nilai, trust, dan citra merek terhadap repurchase intention jasa ekspedisi pelaku bisnis online
Authors: Alycia Nur Aulia
Advisors: Rachmat Mulyono
Keywords: trust;repurchase intention;jasa ekspedisi;online
Issue Date: 31-May-2018
Publisher: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh persepsi nilai (emotional value, social value, price/value of money, dan performance/quality value), trust (ability, integrity, dan benevolence), dan citra merek (strength of brand association, favorability of brand association, dan unique of brand association) terhadap repurchase intention. Sampel berjumlah 158 pemilik bisnis online dengan teknik non-probability sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Behavioral-Intention Battery yang dikembangkan oleh Zeithaml, Berry, & Parasuraman (1996). Untuk mengukur persepsi nilai menggunakan skala Perceived Value Scale (PERVAL) yang dikembangkan oleh Sweeney & Soutar (2001). Untuk mengukur trust menggunakan skala yang dikembangkan oleh Mayer, Davis, & Schoorman (1995). Dan untuk mengukur citra merek menggunakan skala yang dikembangkan oleh Keller (2008). Uji validitas alat ukur menggunakan teknik confirmatory factor analysis (CFA). Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari persepsi nilai, trust, dan citra merek terhadap repurchase intention sebesar 22,5%. Hasil uji hipotesis minor menunjukkan hanya variabel performance/quality value yang mempengaruhi repurchase intention secara signifikan. Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi jasa ekspedisi untuk meningkatkan repurchase intention konsumen khususnya pemilik bisnis online dengan cara memperbaiki persepsi dan kepercayaan konsumen, juga citra merek jasa ekspedisi terutama kinerja yang berkaitan dengan pelayanan konsumen. Untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti dengan menggunakan faktor-faktor lain yang mungkin dapat mempengaruhi repurchase intention seperti perceived risk, perceived quality, dan kepuasan konsumen.
Description: xvi, 88 hlm. ; 29 cm.
metadata.dc.description.uri: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/submit#null
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44765
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ALYCIA NUR AULIA-FPSI.pdf3.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.