Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44714
Title: Penggunaan metode pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar menyimak pada cerita fantasi siswa semester ganjil Kelas VII SMPIT Al-Fidaa Tambun Tahun Pelajaran 2018/2019
Authors: Nurul Ardiyani
Advisors: Elvi Susanti
Keywords: cooperative scipt; keterampilan menyimak; cerita fantasi
Issue Date: 14-Feb-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar menyimak cerita fantasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Al-Fidaa yang berlokasi di Tambun, Bekasi pada kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental dengan teknik The One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 27 siswi pada kelas VII Hafsoh dan 30 siswa pada kelas VII Ibnu Shina, kedua kelas tersebut sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa tes (pretest dan posttest) berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan bantuan program software IBM SPSS Statistic 22. Berdasarkan hasil pretest diperoleh bahwa rata-rata keterampilan menyimak cerita fantasi sebelum menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script kelas VII Hafsoh memperoleh nilai sebesar 67,67 dan nilai rata-rata pretest kelas VII Ibnu Shina yaitu sebesar 57,47. Setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan metode pembelajaran Cooperative Script, maka diperoleh nilai rata-rata posttest kelas VII Hafsoh yaitu sebesar 83,96 dan rata-rata posttest kelas VII Ibnu Shina yaitu sebesar 73,90. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kedua kelas tersebut lebih besar dibandingkan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis dilakukan dengan cara menghitung uji t dengan bantuan program software IBM SPSS Statistic 22. Hasil t hitung kelas VII Hafsoh adalah 6,814 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan nilai taraf siginifikan sebesar 0,05 yang berarti terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pretest dengan posttest. Kemudian t hitung kelas VII Ibnu Shina adalah -6,267 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan nilai taraf siginifikan sebesar 0,05 yaitu terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pretest dengan posttest. Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata dalam penggunaan metode pembelajaran cooperative script.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44714
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NURUL ARDIYANI-FITK.pdf21.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.