Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44667
Title: Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada materi ayat jurnal penyesuaian di SKM Negri 18 Jakarta kelas xi quasi eksperimen
Authors: Zusrini
Advisors: Muhammad Arif
Tri Hajarwati
Keywords: Media, Komik dan Hasil Belajar
Issue Date: 24-Mar-2016
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 18 Jakarta pada bulan Oktober – November 2014. Sampel penelitian kelas XI Ak 2 (kelas eksperimen) sejumlah 29 orang siswa dan kelas XI Ak1 (kelas kontrol) sejumlah 31 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan design Non- Randomized Control Group Pretest and Postest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kognitif bentuk pilihan ganda dan lembar observasi untuk mengamati proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji Fisher, dan dilanjutkan dengan uji signifikansi menggunakan uji “t”. Setelah dilakukan pengujian diperoleh nilai t hitung sebesar 4,65 dan t tabel pada taraf signifikasi 5 % sebesar 1,67. Dengan kata lain t hitung > t tabel Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI. Hal ini diperkuat juga dengan data observasi ketika proses pembelajaran berlangsung. Sebagian siswa terlihat aktif dan termotivasi saat belajar menggunakan media komik.
Description: xi ; 229 Hal
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44667
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ZUSRINI-FITK.pdf6.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.