Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44661
Title: Atsar istikhdam uslub bithaqat muzawajah fi ta'lim al-tarokib al-lughawiyah lada talamidz Madrasah Soebono Mantofani Al-Tsanawiyyah Al-Islamiyyah Ciputat
Other Titles: pembelajaran tarkib
Teknik “Make a Match”
Authors: Zakki Al Amin
Advisors: N. Lalah Alawiyah
Siti Uriana Rahmawati
Issue Date: 11-Mar-2019
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh penggunaan teknik make a match dalam pembelajaran tarkib pada siswa MA Soebono Mantofani, Dan peneliti memilih penelitian ini karena pembelajaran tarkib sebagai wasilah dalam belajar bahasa, menerapkannya serta menggunakannya untuk menyusun kalimat-kalimat bahasa arab yang benar. Akan tetapi, pada kenyataanya kebanyakan siswa tidak mampu menyusun kalimatkalimat bahasa arab dengan baik meskipun sudah mempelajari kaidah-kaidah dan kosakata yang banyak. Dan guru perlu memilih teknik yang dapat membuat siswa antusias dalam belajar tarkib dan membantu siswa untuk memahami serta menggunakan tarkib seperti teknik make a match Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen quasi. Adapun sampel data dari penelitian ini berjumlah 67 orang dari kelas XI MASoebono Mantofani ciputat yang seluruhnya berjumlah 67. adapun sampel dari dari penelitian berjumlah 36 siswa untuk mewakili kelas ekperimen dan 31 siswa untuk mewakili kelas kontrol. Untuk menguji hipotesis atau mengetahui hasil dari penelitian disekolah ini, peneliti menggunakan rumus t-tes, lalu peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta tes tulis (pretest dan posttest). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan rumus t-test menunjukan bahwa nilai t0 (t hitung) = 2,98 dan nilai tt (t-table) = 1,66 pada taraf signifikansi 5%, maka t0 lebih besar dari tt. Hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan teknik “make a match” terhadap pembelajaran tarkib pada siswa di sekolah ini. Terdapat beberapa factor yang mempengaruhi hal tersebut di antaranya adalah strategi yang sesuai dengan materi bahasa arab yang membuat siswa aktif menyusun kalimat-kalimat bahasa arab, kemudian sebagian kecil siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol merupakan lulusan Mts pesantren yang di lingkungan tersebut di terapkan lingkungan berbahasa (al-bi’ah al- lughowiyyah).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44661
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
(watermark)Zakki.pdf11.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.