Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44649
Title: Penerapan metode cooperative tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar ips pada siswa Kelas V MI Nurul Islam Tambelang Bekasi Tahun Ajaran 2015/2016
Authors: Siti Mulya
Advisors: Muhammad Arif
Keywords: metode cooperative learning tipe TGT; hasil belajar;IPS
Issue Date: 12-Apr-2016
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa melalui metode Cooperative learning tipe team games tournament (TGT) pada siswa kelas V MI Nurul Islam Tambelang Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK).PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas.Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan,dan refleksi. Hasil belajar IPS ini digunakan untuk melihat perbedaan yang signifikan dengan bukti secara kualitatif adalah dapat dijelaskan dan banyaknya siswa yang menyatakan senang terhadap penggunaan metode TGT ini,tumbuhnya motivasi, konsentrasi siswa pada mata pelajaran,suasana kelas menjadi hidup,dan kemampuan dan hasil belajar siswa meningkat.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Hasil penelitianya menunjukan bahwa metode TGT Pada mata pelajaran IPS dengan kondisi belajar siswa khususnya siswa kelas V MI Nurul Islam. Hal tersebut dapat dilihat secara kuantitatif adalah perbandingan dari siklus I sebesar 74,15 atau 73,08% dapat meningkat pada siklus II menjadi 79,46 atau 76,92% jadi hasil observasi lapangan menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,31 atau 3,84%
Description: v ; 104 Hal
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44649
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SITI MULYA-FITK.pdf2.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.