Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44636
Title: Efektivitas metode index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII terhadap hukum bacaan tajwid (qalqalah dan ra’) di MTs Al-Mas’udiyah Tegalgubug Cirebon
Authors: Nurlailatul Azizah
Advisors: Abdul Ghofur
Keywords: index card match; hasil belajar; penelitian tindakan kelas;hukum bacaan qalqalah dan ra’
Issue Date: 1-Jan-2016
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII, dengan menggunakan pembelajaran aktif metode index card match. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Mas’udiyah Tegalgubug Cirebon pada bulan November sampai Desember 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, dari setiap pertemuan terdapat empat tahapan yaitu: Perencanaan (Planing), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing) dan Refleksi (Reflecting) . Pengumpulan data dilakukan melalui pre test dan post test, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pembelajara Al- Qur’an Hadits dengan menggunakan pembelajaran aktif metode index card match dapat menigkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis. Dari hasil penelitian siklus I ketuntasan belajar yang dicapai yaitu sebanyak 41% dan siklus II sebanyak 86%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hukum bacaan Qalqalah dan Ra’ di kelas VIII MTs Al-Mas’udiyah Tegalgubug Cirebon.
Description: xi ; 128 Hal
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44636
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NURLAILATUL AZIZAH-FITK.pdf13.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.