Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44501
Title: Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Wisata Agro Edukatif Cibugary
Authors: Dania Athiyah
Advisors: Elpawati
Rahmi Purnomowari
Keywords: kualitas pelayanan; tingkat kepuasan;wisata edukatif; servqual
Issue Date: 1-May-2016
Publisher: Jakarta : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Wisata merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk menyegarkan pikiran untuk membangun kebersamaan dengan kerabat, teman, dan lain-lain. Indonesia dengan seluruh keindahan yang dimiliki mulai dari keindahan alam, keindahan bahari, hingga keindahan kesenian dan kebudayaannya menjadikan sebuah daya tarik tersendiri dan menjadi kesempatan yang baik untuk mengembangkan kegiatan wisata. Sebagai Negara agraris, Indonesia mulai mengembangkan kegiatan yang berkaitan dengan alam, salah satunya adalah kegiatan agrowisata dibidang peternakan. Salah satu tempat wisata yang mengembangkan kegiatan wisata bidang peternakan adalah Cibugary, bergerak sejak tahun 2005, jumlah pengunjung Cibugary mengalami penurunan dan kenaikan, penurunan jumlah pengunjung kembali terjadi pada tahun 2014. Tujuan dilakukannya penilitian ini adalah (1) Menganalisis karakteristik pengunjung wisata Cibugary, (2) Menganalisis kualitas pelayanan wisata Cibugary, (3) Menganalisis tingkat kepuasan pengunjung wisata Cibugary. Untuk mengukur kualitas pelayanan wisata Cibugary diukur dengan menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis), dan untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung Cibugary diukur dengan menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index). Berdasarkan analisis yang dilakukan, sebagian besar pengunjung berjenis kelamin perempuan dengan rentang usia 35 tahun ke atas, dengan jenis pekerjaan guru dan berdomisili di Jakarta. Berdasarkan penghitungan antara penilaian kinerja dengan penilaian kepentingan dari 22 atribut, terdapat 17 atribut yang telah memenuhi kepuasan pengunjung dengan nilai Tki > 1, dan 5 atribut belum memenuhi kepuasan pengunjung dengan nilai Tki < 1. Berdasarkan pemetaan dengan diagram kartesius, terdapat 1 atribut dalam kuadran I (Prioritas Utama), 10 atribut dalam kuadran II (Pertahankan Prestasi), 8 atribut dalam kuadran III (Prioritas Rendah), dan 3 atribut dalam kuadran IV (Berlebihan). Berdasarkan hasil penelitian, niali tingkat kepuasan pengunjung wisata Cibugary sebesar 79,8% berada pada criteria “puas”, terdapat 20,2% kepuasan pengunjung yang belum terpenuhi.
Description: xv ; 132 Hal
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44501
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DANIA ATHIYAH-FST.pdf2.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.