Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44403
Title: Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada konsep fungi (kuasi eksperimen di SMAN 115 Jakarta)
Authors: Izkar Sobhah
Advisors: Ahmad Sofyan
Yuke Mardiati
Keywords: model pembelajaran;pembelajaran berbasis masalah;hasil belajar
Issue Date: 2-Oct-2015
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada konsep Fungi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2015 di SMAN 115 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 35 orang untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan 31 orang untuk kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar biologi siswa berupa soal-soal uraian. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 73,56 dan kelas kontrol sebesar 65,07. Analisis data kedua kelas menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung sebesar 2,50 dan ttabel pada taraf signifikan ∝ = 0,05 sebesar 1,99 sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada konsep fungi.
Description: 196 Hal
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44403
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
IZKAR SOBHAH-FITK.pdf20.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.