Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44305
Title: Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem koordinasi
Authors: Siti Hartini Yulianti
Advisors: Nengsih Juanengsih
Yuke Mardiati
Keywords: Model Pembelajaran POE;Keterampilan Proses Sains
Issue Date: 21-Jan-2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: Khusus Artikel
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem koordinasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Tangerang Selatan pada tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 73 siswa yang terdiri dari 37 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes keterampilan proses sains berupa tes uraian dan lembar observasi. Hasil analisis data keterampilan proses sains siswa menggunakan uji-t dengan tingkat kepercayaan α = 0,05. Hasil pengujian diperoleh nilai signifikansi/probabilitasnya adalah 0,032 < α, dengan nilai α = 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem koordinasi. Kata Kunci: Model Pembelajaran POE, Keterampilan Proses Sains
metadata.dc.description.uri: Khusus Artikel
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44305
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SITI HARTINI YULIANTI-FITK.pdf6.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.