Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44151
Title: Hirarki pengaruh kebijakan media dalam pemberitaan calon gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi pada Inews 2018
Other Titles: --
Authors: Devi Agustiana
Advisors: Syamsul Rijal
Keywords: berafiliasi dengan media grup;jaringan news gathering
Issue Date: 24-Dec-2018
Publisher: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Serangkaian hajat besar negara Indonesia kembali digelar, yaitu Pemilihan Umum. Sebelum Pemilu Presiden 2019 mendatang, ada Pilkada serentak 2018 yang dilaksanakan di 171 daerah. Salah satu pasangan yang cukup menarik perhatian adalah Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi sebagai kandidat calon Gubernur Jawa Barat nomor urut empat. Pasangan ini telah mendapat dukungan dari beberapa partai, salah satunya Perindo. Partai Perindo juga berafiliasi dengan media grup. Adalah iNews, sebuah stasiun televisi nasional Indonesia yang memiliki jaringan news gathering terbesar. Dukungan Perindo terhadap Duo DM kerap menimbulkan stigma bermacam-macam perihal keberimbangan media iNews. Berdasarkan konteks diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan mayor dan minor. Adapun pertanyaan mayornya adalah bagaimana hirarki pengaruh kebijakan media dalam pemberitaan kampanye calon gubernur Jawa Barat Duo DM pada iNews? Kemudian, minornya adalah bagaimana pengaruh level individu, level rutinitas media, level organisasi, level institusi sosial, dan level sistem sosial dalam kebijakan redaksi pada pemberitaan Duo DM? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Hirarki Pengaruh Media yang diperkenalkan oleh Pameela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese. Teori ini menyatakan bahwa isi pesan media yang disampaikan adalah hasil pengaruh faktor internal media dan eksternal media. Di antara faktor-faktor tersebut terbagi ke dalam lima level, yaitu level individu pekerja media, level kerutinan media, level organisasi media, level institusi sosial, dan level sistem sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan literatur. Pemberitaan Pilkada Jawa Barat khususnya untuk pasangan Duo DM, tidak bisa lepas dari lima level hirarki pengaruh media. Level individu pekerja media direpresentasikan dengan sikap dan nilai pekerja media. Kemudian, sumber informasi, organisasi media, dan penonton juga saling bersinergi dalam membentuk kerutinan media iNews memberitakan Pilkada. Pengaruh organisasi media pun terlihat cukup kuat dari kebijakan pimpinan perusahaan yang disalurkan oleh para pekerja media. Selanjutnya dalam level institusi sosial juga memiliki pengaruh yang datang dari kontrol pemerintah, pengiklan, penonton, pangsa pasar, dan teknologi. Serta keempat elemen dalam level sistem sosial memiliki kapasitas tersendiri juga dalam mempengaruhi, terlihat dari ideologi, ekonomi, politik, dan kultural. Kata kunci : Hirarki Pengaruh, Pilkada, iNews
Description: ix, 106 hlm ; 29 Cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44151
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DEVI AGUSTIANA-FDK.pdf3.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.