Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44114
Title: Upaya meningkatkan hasil belajar PKn tentang sistem pemerintahan melalui pendekatan kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada siswa kelas IV MI Tanwirul Qulub Jakarta
Authors: Ambiya
Advisors: Kholis Ridho
Keywords: Hasil belajar, Student Team Achievement Division (STAD)
Issue Date: 21-Apr-2016
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKn tentang system pemerintahan daerah melalui metode kooperatif tipe student teams achievement division (STAD). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan terdiri atas 4 pertemuan. Adapun tahapan pada penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar PKn melalui pendekatan metode student team achievement division (STAD). Pada materi system pemerintahan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa pada siklus I , nilai rata-rata pretest mencapai 50,43 sedangkan nilai rata- rata posttes mencapai 60,43. Sementara itu pada siklus II nilai rata-rata pretest mencapai 74,35 dan nilai rata-rata post tes mencapai 81,70 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Tanwirul Qulub Jakarta tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran PKn.
Description: viii, 75 hal., 24 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44114
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AMBIYA-FITK.pdf16.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.