Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44093
Title: Dampak pendidikan rohani jamaah tarekat qadiriyah wa naqsyabandiyah (studi kasus di Majelis Dzikir wa Ta’lim Mihrobul Muhibbin-Tangerang Selatan)
Authors: Heri Fajrin
Advisors: Ahmad Sofyan
Khalimi
Keywords: tarekat; pendidikan rohani; mihrobul muhibbin
Issue Date: 29-Jan-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tarbiyah ruhiyah atau pendidikan rohani berperan penting dalam penataan hati dari berbagai penyakit yang bisa mengotorinya. Sehingga timbul banyak kebutuhan untuk menanggulangi hal tersebut. Selain itu banyak orang yang haus akan kayfiyat yang berbeda agar tercapai hasil yang maksimal. Mengenai hal tersebut ada hal yang menarik untuk di teliti, yaitu adanya majelis dzikir wa ta’lim Mihrobul Muhibbin yang berlokasi di Ciputat-Tangerang Selatan. Di mana majelis tarekat tersebut yang ramai didatangi orang dari berbagai kalangan. Itulah yang membuat penulis merasa penasaran dan tertarik untuk meneliti majelis tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pandangan tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah tentang pendidikan rohani jamaah Mihrobul Muhibbin. Selain itu untuk mengetahui proses pembentukan rohani sehingga adakah implikasi terhadap jamaah Mihrobul Muhibbin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti pada objek yang alamiah. Dari objek tersebut akan digali informasi yang difokuskan untuk menjawab masalah yang telah dirumuskan sebelumnya. Pendekatan kualitatif ini berdasarkan studi kasus, pendekatan ini untuk menyelidiki dan memahami sebuah kejadian atau masalah yang telah terjadi dengan mengumpulkan berbagai macam informasi yang kemudian diolah untuk mendapatkan sebuah solusi agar masalah yang diungkap dapat terselesaikan. Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode/ teknik dokumentasi. Selain itu untuk memperkuat hasil penelitian dilakukan wawancara agar mendapatkan hasil yang maksimal. Majelis Dzikir wa Ta’lim Mihrobul Muhibbin memberikan persembahan yang nyata bagi para jamaahnya. Adanya faktor pendorong yang melihat dari sisi usia, jenis kelamin, dan tingkatan baiat untuk mengetahui apakah ada hubungannya terhadap pembentukan pendidikan rohani jamaah. Selain itu ada proses pembentukan pendidikan rohani dari amaliah dan ubudiyah untuk mendampingi jamaah menuju insan yang lebih baik. Sebagai jamaah harus punya ilmunya, mengamalkan syariat Islam dengan sebaik-baiknya, mengerti tentang hakikat tarekat dan dia melakukan mujahadan dan riyadoh secara konsisten. Kemudian mendawamahkan/ membiasakan/ mengistiqomahkan zikr dan amaliah tarekatnya. Semua proses itu dalam bimbingan sang khalifah atau juga bisa disebut khodim Mihrobul Muhibbin dan binaan sang mursyid yang berada di Piji-Dawe-Kudus-Jawa Tengah. Korelasi semua itu dijelaskan dalam tesis ini untuk menjawab rasa penasaran orang-orang yang menyukai dunia tasawuf.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44093
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
HERI FAJRIN-FITK.pdf5.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.