Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44017
Title: Intensi membeli online: perspektif kepercayaan, technology acceptance model, theory of planned behavior, jenis kelamin, dan pengalaman membeli online
Authors: Faradina Izzati
Advisors: Yunita Faela Nisa
Keywords: technology acceptance model;theory of planned behavior;membeli online;kepercayaan
Issue Date: 28-Sep-2016
Publisher: Jakarta : Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Perkembangan e-commerce di Indonesia semakin maju terlihat dari meningkatnya penjualan toko belanja online selama beberapa tahun terakhir. Trend belanja masa kini, perkembangan teknologi, serta perbandingan besar jumlah konsumen pembeli dan konsumen pengunjung situs menjadi penyebab utama pentingnya penelitian ini. Minimnya penelitian yang menggunakan ketiga pendekatan kepercayaan, technology acceptance model (TAM) dantheory of planned behavior (TPB) dalam meneliti intensi membeli online secara bersamajuga merupakan alasan penting untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui signifikansi pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap terhadap membeli online, norma subjektif, perceived behavioral control, jenis kelamin, dan pengalaman membeli online terhadap intensi membeli online. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah yang berjumlah 23.784 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 216 mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah yang diambil dengan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu memodifikasi dari skala intensi Othman et.al (2012), 9-items three dimensional trust scale Gefen (2002), skala PU Gefen et.al (2003), skala PEOU Gefen (2003), skala attitude Othman (2012), skala subjective norm Othman et.al (2012), skala perceived behavioral control Othman et.al (2012). Uji validitas alat ukur menggunakan CFA (Confirmatory FactorAnalysis) menguji validitas alat ukur dan Multiple Regression Analysis digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara bersama sama dari pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap, norma subjektif, perceived behavioral control, jenis kelamin, dan pengalaman membeli online terhadap intensi membeli online. Hasil uji hipotesis minor menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, sikap terhadap membeli online, dan pengalaman membeli online memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi membeli online. Hasil penelitian juga menunjukkan proporsi varians dari intensi membeli online yang dijelaskan oleh seluruh variabel independen adalah 60,6%, sedangkan 39,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Diharapkan implikasi dari penelitian ini dapat dikaji kembali dan dikembangkan pada penelitian sebelumnya. Misalnya dengan menambahakan variabel lain, seperti persepsi resiko, dan familiarity.
Description: xv, 99 hlm.; 29 cm.
metadata.dc.description.uri: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/submit#null
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44017
Appears in Collections:Skripsi
Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FARADINA IZZATI-FPSI.pdf2.6 MBAdobe PDFView/Open    Request a copy


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.