Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43943
Title: Peran ekonomi media pada program sohibul hikayat di Bens Radio
Other Titles: --
Authors: Trihartanti Handayani
Advisors: Armawati Arbi
Keywords: program Sohibul Hikayat;teori ekonomi politik
Issue Date: 12-Nov-2018
Publisher: Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Peran Ekonomi Media pada Program Sohibul Hikayat di Bens Radio Dewasa media tidak lagi diliihat semata-mata sebagai institusi sosial dan politik, melainkan juga sebagai institusi ekonomi. Ditengah persaingan bisnis media saat ini, Bens Radio mencoba peruntungannya dengan menghadirkan program Sohibul Hikayat yang merupakan salah satu warisan budaya betawi berupa dongen atau cerita khas betawi yang di dalamnya banyak akan nasihat islami. Hal ini diharapkan dapat menarik pendengar Muslim dan juga Program ini sejalan dengan identitas Bens Radio sebagai radio betawi satu-satunya. Berdasarkan pernyataan diatas, maka timbul pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu bagaimana sumber daya yang ada pada program Soibul Hikayat dimanfaatkan untuk memproduksi siaran dan memuaskan audiens? Bagaimana sumber pendapatan pada program Sohibul Hikayat? Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme, melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakuakn secara mendalam melalui berbagai sumber data secara lengkap dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekonomi politik media sebagai induk dari lahirnya konsep ekonomi media yang ada dalam buku milik Usman Ks dan Henry Faizal Noor. Dalam teori ini media dipandang sebagai institusi ekonomi dalam meraup keuntungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sumber daya yang terdapat pada program Sohibul Hikayat dimanfaatkan secara maksimal untuk menekan biaya produksi. Sumber pendapatan utama pada program ini adalah berasal dari iklan yang dikelola tim manajerial. Sumber pendapatan lainnya adalah dari kerjasama antara Bens Radio dengan saluran berlangganan Indovision. Dari temuan tersebut menunjukan bahwa ada kepentingan ekonomi di dalamnya, dimana Bens Radio berusaha menekan biaya produksi untuk mendapat keuntungan lebih. Kata Kunci: Ekonomi, Sohibul Hikayat, Media, dan Bens Radio
Description: xii, 87 hlm ; 29 Cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43943
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
TRIHARTANTI HANDAYANI-FDK.pdf6.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.