Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43928
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Hypermedia Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Dinamika Gerak Lurus
Other Titles: Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Hypermedia Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Dinamika Gerak Lurus
Authors: Rizal Nurseptiana
Advisors: Dwi Nanto
Keywords: Hasil Belajar
Issue Date: 8-Feb-2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: KHUSUS ARTIKEL;
Abstract: Pengaruh Model pembelajaran Treffinger berbantuan Hypermedia terhadap Hasil Belajar pada Konsep Dinamika Gerak Lurus. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger berbantuan hypermedia terhadap hasil belajar fisika siswa SMA-sederajat pada materi Dinamika Gerak Lurus. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 19 Jakarta pada bulan Mei sampai Juni 2017. Dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas X MIA 1 dengan jumlah sampel 32 subjek, sedangkan yang menjad kelas kontrol adalah kelas X MIA 3 dengan jumlah sampel sebanyak 30 subjek. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik purpossive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda dan nontes berupa dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif, sedangkan hasil instrumen nontes dianalisis secara kuantitatif, menghasilkan data berupa presentase yang kemudian di konversi menjadi data kualitatif. Kesimpulan penelitian : Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger berbantuan hypermedia terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Dinamika Gerak Lurus. Nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,031 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi (0,05). Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (77,06) lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol (72,67). Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger berbantuan hypermedia unggul pada jenjang C1 (mengingat) (79,69), C2 (memahami) (61,71%), C3 (menerapkan) (80,9%), dan C4 (menganalisis) (81,25%). Hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran selama pembelajaran sebesar 87,33% dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Treffinger, Hypermedia, Hasil Belajar, , Lembar Observasi, Dinamika Gerak Lurus
metadata.dc.description.uri: Khusus Artikel
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43928
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
RIZAL NURSEPTIANA-FITK.pdf6.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.